WILUJENG SUMPING KA SADAYA BARAYA TI LEMBUR DIBLOG BUNGBULANG

Calung alat musik sunda

Calung merupakan salah satu alat musik sunda, jenis alat musik ini merupakan jenis alat musik pukul. pengertian kata calung menurut bahasa sunda adalah tatabeuhan.
Bahan utama pembuatan alat musik calung adalah bambu, tetntu tidak sembarang bambu bisa di jadikan bahan untuk pembuatan calung, bambu yang dugunakan bambu pilihan yang bisa mengelurakan suara atau bunyi yang bagus, bambu ini berjenis bamabu wulung atau awi hideung.
Alat musik calung ini berbentuk deretan bambu bernada yang disatukan dengan sebilah  bambu kecil paniir.
Jika ditinjau dari hasil karya seni, kata “calung” memiliki dua arti, yaitu sebagai alat karawitan (waditra) dan sebagai Seni Pertunjukan.
Calung biasa dimainkan oleh masayarakat sunda sebagai seni pertunjukan atau perkumpulan yang membentuk masyarakat menjadi dinamis dan harmosnis, "biasanamah sok ngariung mun aya tatabeuhan calung teh bari ngopi baren baraya salembur"

duka teuing tah barudak jaman kiwari arapaleun teu kana calung???? piraku deui nya pan calung teh tenarna moal aya bandingna kur aya di sunda. tah urang sunda mah beunghar kuseni jeng budaya.

Calung is one of Sundanese musical instrument, kind of musical instrument is a type of percussion instruments. sense of the word calung according sundanese is tatabeuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More